Sebentar lagi Papua Sudah Bisa Menikmati Jaringan 4G

320

SinarPapua – Telkomsel terus berusaha dan berkontribusi memperluas koneksi jaringan telekomunikasi di seluruh indonesia, terlebih lagi di tanah Papua dan Papua Barat.

Manager RAN Engineering Maluku and Papua Department, Rionald Parubak mengatakan, rencana penambahan base transceiver station (BTS) baru Telkomsel selama semester 1 tahun 2020 di wilayah Regional Maluku & Papua, yaitu sebanyak 599 BTS. Dan BTS baru tersebut nantinya sudah memiliki teknologi jaringan 4G.

“Di wilayah Regional Maluku dan Papua, jaringan 4G Telkomsel kini sudah mencakup 78% wilayah dari total 53 kota dan kabupaten yang tersebar,” kata Rionald Selasa (10/3).

Kata dia, saat ini masih ada 11 Ibu Kota Kabupaten (IKK) yang belum terlayani jaringan 4G Telkomsel. Kesebelas IKK tersebut adalah Kabupaten Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Mappi, Paniai, Pegunungan Arfak, Tambrauw, Tolikara, dan Yalimo.

“Tahun Ini Telkomsel menargetkan kesebelas IKK tersebut sudah mendapatkan akses jaringan 4G,” katanya.

Ia mengatakan, untuk mendukung tergelarnya layanan 4G yang maksimal, dibutuhkan jaringan transmisi yang memiliki bandwith besar. Dimana saat ini, masih banyak site (tower) Telkomsel yang menggunakan akses satelit, terutama yang berlokasi di pedalaman atau pegunungan.

“Site yang menggunakan akses satelit, tentunya masih belum maksimal untuk menggelar jaringan 4G,” ujarnya.

Karenanya, melalui program Palapa Ring Timur yang dibangun oleh pemerintah. Dalam hal ini dibawah Kementrian Kominfo, merupakan program dalam membantu percepatan pemerataan akses telekomunikasi khususnya pada daerah pedalaman dan terluar.

“Palapa Ring Timur hadir memenuhi kebutuhan jaringan transmisi dengan kapasitas bandwith, yang dapat memberikan akses layanan internet,” kata Rionald .

Ia menambahkan, prosesnya sedang berlangsung adalah berupa penyambungan koneksi dari site milik Telkomsel dengan jaringan Palapa Ring Timur, yang dilakukan secara bertahap.

“Dengan hadirnya Palapa Ring Timur ini, Telkomsel dapat menggunakan akses tersebut. Sehingga kecepatan dan kestabilan telekomunikasi lebih stabil dan lebih maksimal,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini