Jelang Persiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Bintuni Rencanakan Operasi Mantap Brata Mansinam

oleh -51 views

Sinarpapua.news,Bintuni – Polres Teluk Bintuni gelar apel Rencana Operasi Mantap Brata Mansinam 2023 tentang Pengaman Pemilu tahun 2024 yang di pimpin langsung oleh Kapolres Teluk Bintuni AKBP Dr. H. Choiruddin Wachid, M.M., S.I.K., M. Si, lapangan apel mapolres teluk bintuni, selasa (17/10/2023).

Dalam amanatnya Kapolres Teluk Bintuni mengatakan ” pemilu 2024 adalah Pesta Demokrasi Terbesar Yang akan Menjadi Bukti Kematangan Demokrasi Indonesia Dan Sekaligus Menjadi Titik Penentuan Masa Depan bangsa, oleh sebab Itu, Guna Mengamankan Pemilu 2024 maka Polri Didukung TNI, Kementrian/Lembaga, Instansi Terkait Dan Mitra Kamtibmas Lainnya Menggelar “operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024”.

Operasi Ini Dilaksanakan Selama Selama 222 Hari Sejak 19 Oktober 2023 Sampai Dengan 20 Oktober 2024 Yang Diikuti Oleh 261.695 Personel Di Seluruh Indonesia guna Mengamankan Seluruh Tahapan Pemilu, Polri Juga Telah Membentuk Pola Pengamanan sistem Wilayah Atau Zonasi Bagi Personel Korps Brimob Polri Dan Dalmas Nusantara, Dimana Untuk korps Brimob Terbagi Dalam 4 Wilayah Sedangkan Untuk Dalmas Nusantara Terbagi Dalam 7 Zonasi. bukan Hanya Itu, Polri Juga Menyiapkan 2.000 Personel Brimob Power On Hand Kapolri Serta 8.500 personel Dalmas Nusantara Yang Siap Di Mobilisasi Kapanpun Dan Dimanapun Ke Seluruh Wilayah indonesia.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 juga Diiringi dengan Penguatan Strategi Komunikasi Publik Untuk Memberikan Sosialisasi Dan Edukasi Kepada Masyarakat. Hal Tersebut Dilakukan Agar masyarakat Senantiasa Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa , Ikut Berpartisipasi Dalam Menjaga stabilitas Kamtibmas Pada Pemilu 2024, Serta Agar Masyarakat Mengetahui Berbagai Upaya Pengamanan yang Telah Kita Lakukan Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu Bawaslu, terdapat 5 Provinsi Dan 85 Kabupaten/Kota Berkategori Kerawanan Tinggi, Serta Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu Tahap Iii Polri Terdapat 2 provinsi Dan 1 Kabupaten/Kota Berkategori Sangat Rawan. Bagi Wilayah Yang Tergolong Kerawanan tinggi Dan Sangat Rawan, Segera Lakukan Langkah Antisipasi.

Sedangkan Bagi Wilayah Lainnya, Jangan under Estimate Dengan Tetap Mempersiapkan Pengamanan Sebaik Mungkin.Terus Lakukan Mapping Potensi Konflik Sosial secara Detail Di Wilayahnya Masing-masing Dan selesaikan Potensi Konflik Tersebut Hingga Ke Akar masalah. Apabila Terdapat Konflik Yang Sudah menganggu Stabilitas Kamtibmas, Maka Pastikan Penggunaan Kekuatan Dilakukan Secara Tepat Sesuai Sop Dengan Memegang Teguh Asas Proporsionalitas, legalitas, Akuntabilitas Serta Nesesitas.

Terorisme Juga Harus Menjadi Perhatian Serius. pada Penyelenggaraan Pemilu 2019 Terdapat 6 Aksi serangan Teror Dan Ini Tidak Boleh Terjadi Di Pemilu 2024. Terlebih Saat Ini Perang Antara Hamas Dengan
Militer Israel Sedang Bereskalasi, Dimana Hal Ini dapat Berdampak Terhadap Situasi Di Indonesia.

Optimalkan Preventive Strike Agar Pelaku Teror berhasil Ditangkap Sebelum Melancarkan Aksinya, sehingga Kita Bisa Memastikan Tidak Ada Letupan sekecil Apapun Pada Pemilu 2024.selanjutnya Terkait Tindak Pidana Pemilu, Lakukan Koordinasi Dan Kolaborasi Antar Pilar Sentragakkumdu Agar Penanganan Pelanggaran Serta penyelesaian Tindak Pidana Pemilu Dapat Dilakukan Secara Profesional Serta Transparan, Sehingga mendapatkan Legitimasi Dari Masyarakat, ujar Kapolres teluk bintuni. ( AL )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *