Pertemuan Ketiga, Asosiasi MRP Se-Tanah Papua Bahas Penyusunan Naskah Akademik Aspirasi OAP

oleh -106 views

Sinarpapua.news,NABIRE | Asosiasi Majelis Rakyat Papua (MRP) Se-Tanah Papua kembali menggelar pertemuan ketiga. Kali ini acara berlangsung di Kota Injil Manokwari Provinsi Papua Barat, kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai 2-3 Mei 2024.

 

Pertemuan tersebut bertujuan membahas “Penyusunan Naskah Akademik Usulan Prioritas Aspirasi Orang Asli Papua”, Rapat tersebut secara resmi dibuka oleh Koordinator Asosiasi MRP Se-Tanah Papua, Agustinus Anggaibak pada, Kamis (2/5/2024).

 

Agustinus dalam keterangannya kepada media baru – batu ini, Jumat (3/5) mengatakan, pertemuan yang digelar merupakan tindak lanjut dari hasil kesepakatan para ketua MRP Se-Wilayah Papua yang dilaksanakan di Hotel Cendrawasih 66 Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah beberapa waktu yang lalu.

 

Dikatakannya bahwa pertemuan di Mimika, pihaknya telah menghasilkan 23 butir kesepakatan yang akan ditindaklanjuti dengan Kajian Akademik untuk selanjutnya dibawa dan diperjuangkan ke Pemerintah Pusat.

 

” untuk maksud tersebut dapat kami harapkan tim kerja tenaga ahli dan para akademisi dapat memberikan kajian yang terkait 23 butir dimaksud dengan skala prioritas yang akan disepakati

oleh Pimpinan MRP Se-wilayah Papua,” ujarnya.

 

Anggaibak menegaskan, mengingat sangat urgen tuntutan Orang Asli Papua untuk menjadi “Tuan Di Negerinya Sendiri” serta masyarakat Papua sangat menaruh kepercayaan dan perhatian kepada lembaga MRP Se-Wilayah Papua melalui Asosiasi MRP, untuk memperjuangkan dan memproteksi hak-hak dasar Orang Asli Papua, terutama hak politik dan hak Ekonomi, hak sosial budaya, hak adat, dan Hak Asasi Manusia secara umum.

 

“Maka kami harapkan dukungan dan keseriusan dari Tim Kajian Argumentasi Akademik, untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan dalam mendukung Aspirasi Orang Asli Papua ke

Pemerintah Pusat,”tuturnya.

 

” Perlu saya sampaikan bahwa Asosiasi MRP Tanah Papua akan melakukan Rakor ke-3 pada bulan Februari tahun 2025 dan bertempat di Provinsi Papua Barat, oleh karena itu sebagai Koordinator MRP Se-Tanah Papua, kami sampaikan kepada

MRP Provinsi Papua Barat sebagai pimpinan MRP sekaligus sebagai Sekretaris Asosiasi MRP Se-Tanah Papua kiranya berkenan untuk menjadi Tuan Rumah untuk melaksanakan Rakor dimaksud ”

 

Diharapkan agar semua Pimpinan dan Anggota MRP Se-Tanah Papua dapat mensosialisasikan 23 Point yang telah disepakati dan diputuskan oleh Asosiasi MRP kepada masyarakat Se-Tanah Papua, baik Orang Asli Papua dan Non OAP disetiap Kabupaten/Kota Provinsi masing-masing,”tambahnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua MRP Provinsi Papua Barat yang juga selaku sekretaris Asosiasi MRP Se-Tanah Papua, Judson F. Waprak mengatakan pertemuan ketiga ini membahas agenda penetapan prioritas pengusulan aspirasi OAP dan penyusunan argumentasi akademik aspirasi OAP yang di prioritaskan untuk selanjutnya di bahwa ke pemerintah pusat.( HK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *