Gempa Dengan Kekuatan Magnitudo 4,6 Guncang Nabire, BMKG Pastikan Tidak ada Gempa Susulan

oleh -49 views

Sinarpapua.news,NABIRE | Gempa bumi dengan berkekuatan magnitudo 4.6 mengguncang Kabupaten Nabire, Papua Tengah pada Kamis siang, (16/5/2024) sekitar pukul 11.36 WIT. Getaran genpa ini dirasakan warga saat hendak melakukan aktivitas.

 

Badang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nabire melaporkan lokasi gempa ini berada pada titik koordinat 3.20 LS 135.45 BT dengan episenter tempa terletak di 9 Kilo Meter (KM) Barat Laut Nabire Papua Tengah.Sementara itu kedalaman gempa tercatat 25 kilometer di bawah laut.

 

Kepala Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nabire, Husein Kamadi mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat Sesar aktif Waipoga Through.

 

“Berdasarkan informasi dari masyarakat, gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di daerah Kabupaten Nabire dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu),”kata Husein saat dihubungi awak media Kamis, (16/4/2024).

 

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, hingga pukul 11.46 WIT belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

 

Masyarakat Kabupaten Nabire diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” harapnya.( HK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *