Korem 182/JO Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Di Bintuni 

oleh -47 views

Sinarpapua.news,Bintuni – Komando Resor Militer ( Korem 182 / JO ) melaksanakan kegiatan apel kesiapan penaggulangan bencana alam di kabupaten teluk bintuni.

 

Dalam apel gabungan tersebut, Kepala Staf Kodam

( Kasdam) XVIII/Kasuari Brigjen TNI Yusuf Ragainaga dalam kesempatannya mengatakan, ” latihan lapangan yakni penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan ini adalah merupakan suatu rangkaian latihan yang tidak terpisahkan dari gladi posko yang telah kita laksanakan terdahulu.

 

Dengan tujuan mengaplikasikan semua konsep yang telah dibuat pada gladi posko sehingga dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf serta prajurit di lapangan dalam pelaksanaan penanggulangan bencana alam.

 

Lanjutnya, guna kerjasama dan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat, sehingga selaku prajurit yang selalu siap dan waspada apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam maka latihan ini memiliki sasaran untuk meningkatkan atau menguji kemampuan pengetahuan dan ketrampilan satuan pelaku dalam melaksanakan kodal, menerapkan teknik dan taktik serta prosedur pengambilan keputusan yang dilaksanakan di medan yang mendekati sebenarnya, ujar Kasdam.

 

latihan ini dilaksanakan secara terintegrasi dengan melibatkan instansi terkait untuk menyiapkan semua unsur dalam menangani bencana alam, apabila terjadi bencana sesungguhnya maka perlu saya ingatkan, kepada danrem 182/jazira onim beserta jajaran untuk menyempurnakan protap penanggulangan bencana alam dan terus penanganan pengungsi dengan menitikberatkan pada penanganan korban, pengungsi serta kesehatannya dan yang paling terpenting adalah membantu kelancaran distribusi bantuan.

 

Dikarenakan baru baru ini di wilayah kabupaten bintuni yaitu di distrik yakora dan distrik tembuni dilanda bencana alam banjir yakni sekitar bulan april sehingga belajar dari kejadian tersebut TNI hadir menyelenggarakan latihan ini sehingga apabila terjadi bencana alam banjir maka kita TNI, Pemda dan segenap stake holder dapat bertindak sesuai fungsinya, karena latihan ini di aplikasikan menyerupai medan sebenarnya.

 

latihan tersebut akan di latih dari rindam kasuari dan kodam kasuari, sebagai pelatih dengan personil sebanyak 25 orang, sedangkan peserta latihan dari Korem 182 jazira onim sebanyak 25 orang dan ditambah unsur forkopimda kabupaten teluk bintuni sendiri. ( AL )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *