Mengusung Tema Kemandirian Masyarakat, Bappelitbangda Bintuni Gelar Forum OPD 

oleh -64 views

Sinarpapua.news,BINTUNI – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah membuka kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah Tahun 2024, kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung aula Bappelitbangda teluk bintuni pada senin 06/05/2024.

 

Dengan mengusung tema pembangunan tahun 2025 kemandirian ekonomi masyarakat yang didukung daya saing dan ketangguhan masyarakat serta kelestarian sumber daya alam.

 

Berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJDP dan RPJMD, dan RKPD dan peraturan menteri dalam negeri nomor 10 Tahun 2023 tentang penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun  2024.

 

Forum OPD Teluk Bintuni Tahun 2024 merupakan wadah penampungan bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil musrembang Distrik dan OPD untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan Renja OPD.

 

Panitia penyelenggara kegiatan Romelus Larwui, saat membacakan laporannya mengatakan ” bahwa sampai saat ini yang kamo terima sekitar 1.303 ( seribu tiga ratus tiga) usulan dari lima belas distrik dan pihak terkait untuk kemajuan teluk bintuni, dan sisa sembilan distrik lainnya yang belum melaporkan hasil musrembangnya ”

 

Asisten II Sekda teluk bintuni, I. B Putu Suratna yang juga sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut juga mengatakan ” bahwa forum OPD teluk bintuni tahun 2024 ini adalah merupakan wadah penampungan bersama antar pelaku pembangunan

hasil musrembang Distrik dan OPD dan untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan Renja OPD, ujarnya.

 

Lebih Lanjut Putu juga menjelaskan, forum OPD merupakan ajang singkronisasi dan integrasi antar proses down – up planning ( perencanaan bawah dan atas berasal dari musrembang distrik ) dan proses top down ( berasal dari draf renja OPD ) berdasarkan asas demokratis  dan desentralisasi, Forum OPD Teluk Bintuni merupakan perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah, ungkapnya.

 

Di tempat yang sama Kepala Bapelitbangda Alimudin Baedu menegaskan, ” pembahasan forum ini tidak diperkenankan melenceng dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 yang merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah sebagai landasan dan pedoman bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan lima tahun kedepan.( AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *